Tuesday, October 28, 2008

Kebiasaan bag..I

37 KEBIASAAN ORANG TUA YANG MEMBAWA PRILAKU BURUK TERHADAP ANAK

Kebiasaan I : Raja yang tak pernah salah
Kasus : Anak baru berjalan, menabrak meja/kursi, jatuh dan menangis. Lalu orang tua memukul meja/kursi yang ditabrak oleh anak.

Akibat : Hal tersebut akan menyebabkan anak merasa orang lainlah yang bersalah dan dia selalu benar pada saat dia membuat kesalahan.

Sebaiknya : Ajarilah untuk bertanggung jawab, dengan cara peluk dia, dan usap bagian yang sakit dan katakan : “Sayang, kamu terbentur, ya. Sakit? Lain kali hati-hati kalau jalan, pelan-pelan saja dulu supaya tidak terbentur.

Kebiasaan II : Berbohong kecil dan sering
Kasus : Orang tua terburu-buru hendak ke kantor. Anak minta ikut. Orang tua bilang, “Papa/Mama pergi sebentar kok”. Padahal pulang malam. Atau, pada saat menyuapi makan, “Makan susah, gak diajak jalan-jalan”.

Akibat : Anak mulai tidak menuruti percatan orang tua pada saat sudah beranjak besar.

Sebaiknya : Pastikan kita tetap Jujur kepada mereka, katakanlah, “Sayang, Papa/Mama akan ke kantor, jadi kamu tidak bisa ikut, tapi kalau ke kebun binatang pasti kamu ikut”.Memang mereka akan menangis, berikanlah pengertian terus menerus, pasti juga akan mengerti.

Kebiasaan III : Banyak mengancam
Kasus : Anak naik meja. “Adik jangan naik meja, jatuh tidak ada yang nolong. Papa/Mama marah”

Akibat : Pola mendidik akan dipelajari anak (karena mereka adalah anak yang cerdas), Anak bisa membalikkannya untuk mengontrol orang tua.

Sebaiknya : Dekati anak, hadapkan seluruh tubuhnya, tatap matanya dengan lembut dan katakan, Sayang, Papa/Mama tidak senang dengan perlakuanmu terhadap adik/orang lain.

No comments: